9/06/2015

OHAYOU, OBAACHAN! (BAHASA INDONESIA)


Halo semuanya. Hari ini saya mau cerita tentang pengalaman saya selama tinggal dengan Oma
homestay di Jepang. Jadi oom saya yang tinggal di Jepang mengundang saya untuk liburan ala homestay selama 3 minggu disana. Ini adalah pengalaman pertama kalinya saya naik pesawat sendirian. Biasanya saya cuma “ngekor” mama aja. Mama kemana, ya ikutin.. hehehe (umur saya masih 16 kok #banyakalasan). Jadi degdegan dan excited juga rasanya karna akan pergi keluar negeri sendirian.

Akhirnya saya sampai di Jepang tanggal 6 Juni 2015. Sesampainya di bandara Haneda, saya dijemput oleh oom dan tante saya. Tante saya ini memang orang Jepang asli, tapi sudah lumayan lancar juga bicara bahasa Indonesia nya. Tante dan oom saya tinggal di Shinjuku. Sedangkan mama mertuanya oom saya tinggal di Machida. Nah, selama homestay ini saya akan tinggal dengan mama mertua oom saya (saya panggilnya dengan sebutan Oma) di Machida.

Malam pertama saya sampai di Jepang, saya degdegan sekali akan bertemu Oma. Degdegan, seneng, excited semua jadi 1, sampai saya sakit perut rasanya waktu di mobil. Sebelumnya saya sudah pernah ketemu dengan Oma, waktu itu saya masih kecil sekali. Dia berkunjung ke Indonesia dan mampir juga kerumah saya. Tapi itu udah lama banget, ingatan saya tentang dia juga samar-samar. Saya juga takut sekali kalo saya kurang sopan! Tau sendiri kan, orang Jepang terkenal sopan-sopan sekali. Di mobil saya udah siapin, nanti saya akan membungkuk sambil mengucapkan “ohayou obaachan” waktu bertemu dengannya.

Kaget saya! Sesampainya dirumah Oma, saya langsung disambut ceria sekali sama Oma. Oma langsung “lari” ke arah saya sambil tertawa dan senyum-senyum, juga sambil menepuk-nepuk pundak saya. Pertemuan yang awalnya saya kira akan berlangsung dengan sangat formal, malah ternyata tidak seperti dugaan saya. Saya pun langsung memeluk Oma dan ikutan ketawa sambil senyum-senyum.

Malam pertama disana, oom dan tante saya juga ikut menginap di Machida. Jadi kadang-kadang oom dan tante saya menginap di Machida, kadang-kadang di Shinjuku, karena mereka juga harus bekerja. Kalo lagi ber2 saja dengan Oma, kami berkomunikasi dengan bahasa campur-campur, sedangkan kalo lagi ada oom dan tante, mereka juga ikut bantu menerjemahkan.
Saat pertama kali datang kesana, saya hanya bisa ngomong kata-kata yang simple dan umum saja. Misalnya arigatou, douitashimashite, kore, sore, sumimasen, ohayou, dan oyasuminasai. Juga tidak bisa baca hiragana, katakana, dan kanji. Jadi biasanya Oma akan bicara sesuatu dalam bahasa Jepang (sambil nunjuk-nunjuk barang atau memperagakan sesuatu), lalu saya akan nebak-nebak dalam bahasa Inggris. Kadang tebakan saya benar, kadang benar-benar salah. Untungnya Oma lumayan bisa bahasa Inggris yang umum. Oma juga tau beberapa kata dalam bahasa Indonesia, seperti makan, mandi, dan jalan-jalan. Selama disitu saya juga diharuskan oom saya untuk belajar bahasa Jepang sama Oma tiap hari. Oma juga menyiapkan buku belajar bahasa Jepang yang sebenarnya untuk anak-anak buat saya hehehe.

Yang saya senang dan bersyukur juga, Oma tetap ngajak ngobrol saya walaupun saya nebak-nebak saja. Asik juga ngobrol sama Oma, ia senang sekali tertawa dan tersenyum. Saya juga salut, walaupun umurnya sudah 70an, tapi dia masih kuat dan periang sekali! Dia juga cukup tegas untuk masalah pekerjaan rumah (saya juga bingung kadang, kok rumahnya bisa bersih banget kayak ga ada debu o_o). Padahal, itu rumah masa kecilnya tante saya juga katanya. Tapi benar-benar ga ada yang udah bulukkan atau apa gitu.

Selama homestay, saya paling sering bantu-bantu cuci piring dan ngelap piring. Pokonya habis dicuci harus langsung di lap sampe kering. Pertamanya capek juga, karna sekali makan saja, 1 orang bisa pakai 1 mangkok buat piring, 1 mangkok buat lauk, 1 mangkok buat miso soup, belum lagi piring dan mangkok lauk. Beda dengan saya yang di Indonesia biasanya cuma pakai 1 piring, nasi dan lauk dicampur semua disitu. Tapi lama kelamaan ga capek lagi, karna sudah jadi kebiasaan.

Saya kagum sekali dengan Oma. Semangatnya masih terlihat jelas! Saya juga belajar banyak dari beliau. Semoga nanti kalo udah jadi oma-oma (masih lama banget sih) saya bisa tetap semangat juga kaya Oma :D Semoga juga suatu saat nanti saya bisa ketemu lagi dengan beliau, dan saya sudah bisa bahasa Jepang dengan lancar hahaha.

No comments: